Minggu, 21 April 2013

jual pupuk organik berteknologi nano

Seringkali kita mendengan kata "Pupuk Organik", Lalu apasih pupuk organik itu?.

“Pupuk organik adalah : Pupuk yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri dari bahan organik yang berasal dari tanaman dan atau hewan yang telah melalui proses rekayasa.
Pupuk organik bisa dibuat dalam bermacam-macam bentuk meliputi cair, curah, tablet, pelet, briket, atau granul. Pemilihan bentuk ini tergantung pada penggunaan, biaya, dan aspek-aspek pemasaran lainnya.

Adapun Kegunaan dari Pupuk organik antara lain adalah :
1. Dengan penggunaan pupuk organik atau pengembalian bahan organik ke dalam tanah akan berpengaruh pada kesuburan tanah sehingga :
- Peningkatan Produksi Hasil Pertanian
- Efisiensi Penggunaan Pupuk
- Menjaga kelestarian Lingkungan Hidup

2. Mmeperbaiki tekstur tanah(Pembenahan tanah)
3. Memperkaya unsur hara makro dan mikro
4. Memperbaiki Unsur tanah menjadi subur
5. Microba dapat menguraikan bahan – bahan organik yang terkandung di dalam pupuk dan tanah

6. Hasil panen pertanian dengan menggunakan pupuk organic akan akan mengurangi kandungan racun yang terdapat dalam hasil petanian

7. Tanah mudah di olah karena gembur dan subur

Dan lain sebagainya
 
Lalu apa yang dimaksud dengan bahan organik tanah ?
Bahan organik yaitu bahan yang berasal dari limbah tumbuhan atau hewan atau produk sampingan seperti pupuk kandang atau unggas . Atau dengan kata lain merupakan merupakan hasil dari pelapukan sisa – sisa tanaman dan binatang yang bercampur dengan bahan mineral tanah pada lapisan atas tanah.Pada umumnya bahan organik mempunyai C?N rasio tinggi (lebih besar dari 30 ), sehinga bila digunakan langsung pada lahan pertanian akan mengganggu pertumbuhan tanaman karena terjadi proses fermentasi dalam tanah.

Bahan organic tanah merupakan bagian dari tanah yang berfungsi :
1. Meningkatkan kesuburan tanah dan menyediakan mikro hara dan factor – factor perumbuhan lainnya yang biasanya tidak disediakan oleh pupuk kimia (anorganik)
2. Tanah dengan bahan organik yang rendah ,mempunyai daya sangga hara yang rendah, sehingga pemupukan kurang efisien.
3. Tanah yang subur mengandung bahan organik sekitar 3 – 5 %
Sifat – sifat bahan organik tanah :
  • Fisika : memperbaiki struktur tanah , memperbaiki aerasi tanah , meningkatkan daya menyangga air tanah, menekan laju erosi
  • Kimia : Menyangga dan menyediakan hara tanaman, meningkatkan efisiensi pemupukan, menetralkan sifat racun Al dan Fe
  • Biologi : sumber energy bagi jasad renik /mikroba tanah yang mampu melepaskan hara bagi tanaman
  • Mampu menyeimbangkan hara dalam tanah dan menyediakan hara bagi tanaman secara efisien
Bagaimana dengan keadaan tanah pertanian kita sekarang?
  • Kondisi kandungan C organik pada lahan pertanian (sawah dan kering) sangat rendah (rata-rata < 2 %) Hal ini disebabkan lahan – lahan yang dikelola secara intensif tanpa memperhatikan kelestarian kesehatan tanah ( tanpa usaha pengembalian bahan organik ke tanah)
  • Hal ini menjadi salah satu sebab terjadinya pelandaian produktifitas meskipun jenis dan dosis pupuk kimia ditingkatkan, karena tanah telah menjadi SAKIT.

Dari tahun ke tahun kebutuhan pupuk untuk tanaman semakin meningkat, bahan pupuk organik sangat banyak sekali di sekitar kita yang bisa di gunakan sebagai bahan untuk pembuatan pupuk terutama sampah daun tanaman dan limbah hewan ternak dan lain sebagai nya.

Dari sekian manfaat yang demikian pupuk organik merupakan yang paling ramah lingkungan serta lebih mengedepankan terbebas bahan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan lingkungan dan manusia.

Demikian tulisan ini saya buat yang di ambil dari beberapa sumber, semoga bermanfa'at. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar